anakkusayanganakkumalang

Saturday, August 12, 2006

karanganku, rencanaku, masa depanku...

Tanpa Judul, karya Lia kelas V SD.

Desaku adalah desa yang kecil, tapi aku sangat bangga dengan desaku. Suatu hari nanti desaku akan besar dan maju karena aku akan menjaga kelestarian desaku dan aku akan merawat desaku. Dan aku akan membuat sebuah perumahan yang mengundang penduduk-penduduk baru dan akan membeli tanah yang kosong. Dan aku akan menjadikan sebuah rumah dan mesjid, aku akan bergotong royong bersama penduduk dan masyarakatku untuk membuat sebuah sekolah. Kalau desaku sudah menjadi besar dan maju aku akan senang dan aku akan bangga kepada desaku. Aku akan merawat, menjaga, melindungi desaku dari penjajahan atau seperti di tipi-tipi, penggusuran rumah-rumah dan penggusuran pedagang yang berkaki lima. Dan kalau desaku terkena musibah seperti kemalingan, aku akan kejar maling-maling itu, sampai kalau ada yang mau menjajah desaku seperti dengan bom, aku akan cari tau siapa yang ngebom. Aku akan cari orang yang ngebom desaku sampai dapat, sampai ketemu, aku akan membalas kesalahan dia, aku akan laporkan kepada polisi supaya dia dihukum atas kejahatannya dan aku akan laporkan ke pengadilan supaya dia di penjara seumur hidup. Tapi kalau di desaku tidak ada kecelakaan dan musibah seperti diatas aku sangat bersyukur kepada Allah karena Allah sudah melindungi desaku dan seluruh isinya. Dan aku akan membuat beberapa tempat wisata. Supaya waktu di hari libur banyak berwisata dan banyak para pengunjung dari desa lainnya seperti kalau tempat wisata kolam renang pasti banyak yang berenang sambil bekal-bekalan, tapi kalau tempat wisata di Patenggang enaknya buat orang yang berpacaran, menenangkan diri, dan makan bersama keluarga, makan bersama teman-teman dan teman-teman dari sekolah. Eh iya, tapi kalau tempat wisatanya kebun binatang enaknya untuk makan bersama keluarga dan lebih mengenal hewan hewan liar misalnya buaya, serigala, macan tutul, harimau, dan lainnya hewan liar dan hewan buas. Dan enaknya di kebun binatang adalah bermain dan meneliti hewan hewan, itu keinginan saya. Udah dulu yah bercerita dan mengarangnya dah. Wassalam.

Menjelang peringatan kemerdekaan Republik Indonesia, Mobil Pintar mengadakan program Agustus Pintar bersama Mobil Pintar, isinya adalah serangkaian kegiatan menyongsong ulang tahun negeri teramat besar, Indonesia. Salah satunya adalah lomba mengarang. Tulisan diatas adalah karya Lia yang duduk di kelas 5 SD Cisondari. Karangan diatas adalah salah satu karya yang lolos ke babak final, dan akan dipertandingkan dengan karya dari dua kampung yang lain, Papakmanggu dan Gambung. Bagaimanapun, apa yang Lia rencanakan tentang desanya, termaktub dalam karangan itu. Semoga menjadi kenyataan. Amin.

(foto: Lia, saat mengarang di Mobil Pintar, 9 Agustus 2006)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home